Class, Object dan Instance vb.NET

Class, Object dan Instance vb.NET - Hallo sahabat News Technology, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Class, Object dan Instance vb.NET, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Pemrograman Windows, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Class, Object dan Instance vb.NET
link : Class, Object dan Instance vb.NET

Baca juga


Class, Object dan Instance vb.NET

Mungkin anda pernah bertanya apa sich bedanya class dan object?, ilustrasi ini mungkin bisa menjelaskan perbedaannya. Jika anda ingin membangun rumah Class adalah blueprint / gambar (berisi spesifikasi lengkap dari rumah yang akan dibuat, ukuran, jumlah, dll). Sedangkan object adalah bentuk fisik / rumah yang dibangun berdasarkan blueprint / class yang sudah ada.


Sebuah class terdiri dari properties, method, dan events (yang biasa disebut dengan member).

Instance adalah copy unik dari class yang merepresentasikan object. Untuk menggunakan class anda harus membuat instance terlebih dahulu baru dapat mengakses class member, kecuali anda menggunakan shared member, maka anda tidak perlu membuat instance untuk mengakses member yg ada dalam class tersebut.

Properties
Properties menyimpan informasi tentang object yang dibuat. Sebagai contoh pada aplikasi windows object „TextBox‟ memiliki property „Text‟, yang berisi teks yang akan ditampilkan pada textbox. Jika anda memiliki texbox dengan nama txtNama maka anda dapat menuliskan strNama = txtNama.Text untuk mengcopy nilai dari textbox ke variabel strNama.

Method
Method adalah perintah yang membuat object melakukan sesuatu. Sebagai contoh MessageBox.Show() menggunakan Show() method dari MessageBox object untuk menampilkan pesan, dan MyDoc.Print() menggunakan Print() method menggunakan MyDoc object untuk mengirimkan data ke printer. Penulisan method pada VB9 diikuti dengan tanda kurung ().

Events
Events adalah notifikasi yang dikirimkan oleh object, dimana anda dapat listen atau ignore notifikasi tersebut. Sebagai contoh object button mengirimkan Click event, dan anda dapat merespond event tersebut dan menjalankan code anda

Instance Member dan Shared Member
Bagi pemula salah satu aspek yang paling membingungkan pada OOP adalah Instance dan Shared member. Anda dapat menggunakan member pada class dengan cara membuat instance terlebih dahulu, kemudian baru dapat mengakses member yang ada di dalamnya, tapi pada kasus tertentu anda juga dapat langsung mengakses member tersebut tanpa harus membuat instance, caranya adalah menggunakan keyword „shared‟ pada member.



for sumber : Silakan protes
Thanks to Mas Erick & Rully




Demikianlah Artikel Class, Object dan Instance vb.NET

Sekianlah artikel Class, Object dan Instance vb.NET kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Class, Object dan Instance vb.NET dengan alamat link http://demidumy.blogspot.com/2011/02/class-object-dan-instance-vbnet.html

0 Response to Class, Object dan Instance vb.NET

Post a Comment